Minggu, 14 Mei 2017

FINAL LIGA EUROPA: AJAX AMSTERDAM VS MANCHESTER UNITED

OKEKIUKIU - Dua klub raksasa, Manchester United dari Inggris dan Ajax Amsterdam dari Belanda, akhirnya kembali ke puncak kompetisi sepak bola antar klub Benu Biru. Mereka akan bentrok di final Liga Europa 2016/2017, di Friends Arena, Solna, Swedia, 24 Mei mendatang.

Kepastian itu diperoleh usai kedua klub tersebut menyingkirkan lawan masing-masing pada leg 2 semifinal. Manchester United (MU) yang sudah unggul 1-0 pada leg 1 di Estadio Balaidos, mampu ditahan 1-1 oleh Celta Vigo pada leg 2 yang berlangsung di Stadion Old Trafford.

The Red Devils yang belum pernah meraih trofi Liga Europa (sebelumnya bernama Piala UEFA), lebih dulu  memimpin melalui sundulan Maroane Fellaini, usai memanfaatkan umpan lambung Marcus Rashford pada menit ke-17. Los Celtinas arahan Eduardo Berizzo baru menyeimbangkan kedudukan pada menit ke-88 lewat Facundo Roncaglia.

Dalam leg 2 semifinal di Old Trafford, kedua kubu harus mengakhiri pertarungan dengan sisa 10 pemain. Eric Bailly harus absen di final akibat karu merah yang dia terima pada menit ke-87 usai berseteru dengan Roncaglia yang juga diusir oleh wasit.
BACA: Real Madrid Tantang Juventus Di Final Liga Champions

Sementara itu, drama yang tak kalah seru terjadi di Parc Olympique Lyonnais, kala tuan rumah Lyon yang takluk 1-4 pada leg 1 semifinal di Amsterdam Arena, hanya mampu menang 3-1 pada leg 2. Ajax dipastikan lolos ke semifinal dengan aggreat 5-4.

Pada leg 2, Ajax lebih dulu menambah keunggulan aggerat jadi 5-1 pada menit ke 27, usai cocoran Kasper Dolberg tak dapat dihalau Anthony Lopes. Namun, Les Gones (Lyon) tak mau menyerah begitu saja. Pada akhir babak pertama, Lyon menyeimbangkan keadaan jadi 1-1 sekaligus memperkecil ketinggalan agregat jadi 2-5 melalui eksekusi penalti Alexandre Lacazette.

Hanya berselang semenit, Lacazette mencetak gol keduanya di hadapan pendukung Lyon usai meneruskan assit Nabil Fekir, agregat masih unggul Ajax 5-3. Di babak kedua pada menit ke-82, tuan rumah mencetak gol ketiga mereka lewat sundulan Rachid Ghezzal yang berbelok arah usai membentur pemain Ajax, Nick Viergever.

Sebelum pertandingan berakhir, Ajax harus tampil dengan 10 pemain usai Viergever mendapat kartu kuning kedua.