Kamis, 04 Mei 2017

FOTO TELANJANG DI GUNUNG KERAMAT, MODEL PLAYBOY INI DIKECAM

OKEKIUKIU - Seorang foto model majalah dewasa 'Playboy', menuai kecaman dari warga Suku Maori di Selandia Baru, karena foto bugil di puncak gunung yang dikeramatkan.

Model bernama Jaylene Cook, 25 tahun, menggugah foto bugilnya ke media sosial setelah melakukan pendakian selama 12 jam ke puncak Gunung Taranaki.

Namun warga Maori berpendapat aksinya tidak peka secara budaya karena puncak Gunung Taranaki adalah tempat yang suci bagi mereka.

"Itu seperti orang datang ke Basilika Santo Petrus di Vatikan dan berfoto telanjang di sana," kata Dennis Ngawhare, juru bicara komunitas Maori.

Foto Cook diambil ketika ia mendaki gunung dengan pacarnya, memperlihatkan ia berdiri memandang ke kejauhan di puncak gunung dengan ketinggian 2.518 meter - mendapat 10.000 suka di akun Instagramnya.

"Orang mungkin mengatakan hanya batu dan tanah jadi bagaimana mungkin anda menghinanya?" kata Ngawhare.

Namun bagi warga Maori, Gunung Taranaki adalah tempat pemakaman para leluhur dan gunung itu sendiri dianggap sebagai nenek moyang.

BACA: Gadis 18 Tahun Jual Keperawanannya Seharga 33 Miliar

Mengetahui foto bugilnya menuai kecaman, Jaylene Cook membela diri dengan mengatakan bahwa ia telah melakukan penelitian sebelumnya dan berpendapat berfoto seperti itu tidak menghina.

Bukan pertama kalinya foto telanjang di puncak gunung memicu kemarahan warga setempat.

Pada Juni 2015, sekelompok wisatawan Barat yang mendaki Gunung Kinibalu menyebabkan orang Malaysia marah dan gempa bumi dengan korban jiwa yang menyusul dituding disebabkan oleh perilaku tidak sopan para pendaki itu.

Setelah menjalani sidang dan dihukum penjara selama beberapa hari dan denda, para turis tersebut akhirnya diizinkan meninggalkan Malaysia.