Sabtu, 24 Juni 2017

SEJARAH & REKOR-REKOR LIONEL MESSI DI USIA 30 TAHUN

OKEKIUKIU - Salah satu bintang sepakbola terbesar, Lionel Messi, genap berusia 30 tahun pada hari ini, Sabtu (24/6/2017). Dengan usia yang sudah berkepala tiga, Messi telah menorehkan berbagai prestasi gemilang di level klub maupun individu.

Lahir dan besar di Rosario, Argentina, Messi sudah memperlihatkan bakatnya sejak kecil. Kariernya dimulai saat bergabung dengan tim muda Newell's Old Boys saat masih berusia enam tahun.

Namun, mimpinya menjadi pesepakbola profesional terancam setelah Messi didagnosa mengalmi kekurangan hormon pertumbuhan di usia 10 tahun. Meski demikian, hal tersebut kemudian justru memberi berkah tersendiri bagi Messi.

Usai menetap di Barcelona, Messi bergabung dengan akademi La Masia sebelum akhirnya dipromosikan ke tim utama Barcelona pada 16 November 2003. Saat itu, Barcelona melawan FC Porto dalam laga persahabatan. Messi yang masih berusia 16 tahun, 145 hari, berhasil mencatatkan dua peluang dan melepaskan satu tembakan.

BACA: Cristiano Ronaldo Buang Kostum Real Madrid

Postur tubuhnya yang hanya setinggi 1.7 meter memberi Messi kecepatan untuk bergerak, melewati lawan-lawannya. Sejak menjalani debutnya untuk Los Cules pada November 2013, Messi sudah mengemas 510 gol dan 231 assist dalam 585 penampilan di seluruh kompetisi.

Berkat Messi pula lah, Barca mendominasi Eropa dalam satu dekade terakhir. Sampai kini, Messi telah membantu Barca menjuarai delapan titel juara La Liga, lima Copa Del Rey, dan empat Liga Champions, termasuk dua momen bersejarah dengan meraih treble pada 2009 dan 2015.

"16 November 2003 adalah tanggal yang sangat penting bagi saya. Karena itu adalah saat dimana saya bisa mewujudkan impian masa kecil. Ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi saya, saya telah berjuang keras untuk mewujudkannya dan itu sangat spesial," kata Messi beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah rekor-rekor spesial dari Lionel Messi:

1. Pria asal Argentina ini adalah pemain yang paling banyak mencetak gol dalam satu tahun kalender, yakni 91 gol pada 2012. Dari 91 gol tersebut, 79 di antaranya tercipta bersama Barcelona dan 12 gol disarangkan ketika membela timnas Argentina.

2. Lionel Andrés Messi adalah pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak, yakni lima trofi.

3. Messi bersama Cristiano Ronaldo adalah pemain dengan koleksi Sepatu Emas terbanyak sepanjang masa, yakni 4 penghargaan.

4. Pemain pertama yang mampu mencetak gol kontra setiap klub di La Liga dalam satu musim, yakni 2012-2013.

5. Lionel Messi masuk jajaran pesepak bola dengan koleksi trofi Liga Champions terbanyak, yakni empat gelar. Jumlah tersebut sama dengan koleksi Cristiano Ronaldo, Clarence Seedorf, Samuel Eto'o, Andres Iniesta, Xavi Hernandez dan Gerard Pique.

Selamat ulang tahun, Lionel Andrés Messi.