Rabu, 19 Juli 2017

INDONESIA PERINGKAT 1 DALAM TINGKAT KEPERCAYAAN TERHADAP PEMERINTAH


OKEKIU - Indonesia menduduki peringkat pertama untuk Trust anda Confidence in National Government, atau tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah berdasarkan Gallup data. Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Memang benar bahwa Indonesia menduduki rangking pertama dalam hal Trust and Confidence in National Government berdasarkan Gallup data," ujar Sri Mulyani dalam keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi.

Data tersebut dikeluarkan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang menempatkan Indonesia pada peringkat pertama. Peringkat itu diperoleh Indonesia dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Salah satu bab dalam laporan tersebut mengangkat tema pencapaian program kerja pemerintah yang ditunjukkan oleh indikator tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

"Tingkat kepercayaan terhadap pemerintah dipangaruhi oleh apakah masyarakat menganggap pemerintah dapat diandalkan, cepat tanggap dan adil serta mampu melindungi masyarakat dari risiko-risiko dan memberikan pelayanan publik secara efektif," lanjut Sri Mulyani.
 
BACA: Jokowi Angkat Bicara Tentang Tiga Calon Ibu Kota Negara
BACA: Peta Rute Presiden Jokowi Selama 3 Tahun

Menurut OECD, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia mencapai 80 persen, meningkat sebesar 28 persen dibandingkan 2007 silam yang hanya sebesar 52 persen.

Angka itu merupakan angka yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang tergabung dengan OECD, seperti Amerika Serikat 30 persen, Inggris 31 persen, Jerman 55 persen, Perancis 28 Persen, maupun negara-negara berkembang non OECD. Yakni, India 73 persen, Brasil 26 persen, dan Afrika Selatan 48 persen.

Sri Mulyani berharap, tingginya kepercayaan terhadap pemerintah mampu mendorong potensi kepatuhan dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan perpajakan dalam rangka mendukung terciptanya pendapatan negara yang berkelanjutan.

"Kepercayaan terhadap pemerintah ini adalah pendorong efektivitas pemerintah dan pembangunan ekonomi, serta merupakan ukuran dari hasil kebijakan pemerintah. Kepercayaan terhadap pemerintah juga berhubungan kuat dengan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan negara mereka. Saat pemerintah dipandang memiliki integritas moral yang tinggi lebih banyak masyarakat percaya ke pemerintah," tutup Sri Mulyani