Rabu, 05 Juli 2017

RESMI GABUNG ARSENAL, LACAZETTE PECAHKAN REKOR TRANSFER KLUB

OKEKIUKIU - Arsenal memecahkan rekor transfer klub untuk membeli Alexandre Lacazette dari Olympique Lyon, Rabu (5/7/2017). Meski tidak mengungkapkan jumlah uang yang dikeluarkan, Arsenal diyakini telah mengeluarkan dana hingga 60 juta euro untuk transfer ini.

Proses transfer Alexandre Lacazette ke Arsenal cukup panjang. The Gunners - julukan Arsenal - sempat mengajukan beberapa tawaran harga, tetapi Lyon kukuh dengan mematok harga 60 juta euro (Rp 908 miliar).

Akhirnya, Arsenal setuju untuk memenuhi keinginan Lyon tersebut. Nilai transfer itu adalah yang tertinggi di sepanjang sejarah klub The Gunners.

Terakhir kali Arsenal memecahkan rekor transfer klub terjadi pada awal 2013-2014. The Gunners rela mentransfer dana ke rekening Real Madrid sebesar 47 juta euro demi mendatangkan Mesut Oezil.

Pembelian Lacazette dinilai sebagai langkah yang tepat karena Arsenal perlu peningkatan di lini serang. Musim lalu, catatan gol Arsenal adalah yang terendah di lima besar. Hal itu pula yang sedikit banyak memengaruhi posisi finis mereka yakni di urutan lima, yang berarti kali pertama Arsene Wenger gagal membawa tim lolos ke Liga Champions.


Eks striker Arsenal, Charlie Nicholas, menilai bahwa transfer ini diyakini akan cukup untuk meyakinkan para penggemar dan sejumlah pemain bintang seperti Mesut Oezil dan Alexis Sanchez. Oezil dan Sanchez belakangan dispekulasikan masa depannya karena dikabarkan tak puas dengan performa klub di liga.

"Saya sangat berharap bahwa Oezil akan menekan kontrak baru. Sisi kreatif lini tengah akan baik-baik saja, dia akan menikmatinya dan seharusnya dia bakal mencetak sejumlah gol-gol yang sudah terjamin untuk Arsenal," ujar Nicholas

Sementara itu, Arsene Wenger mengatakan,  Lacazette merupakan striker yang efisien dan mempunyai karakter kuat. Dua hal itu membuat Wenger tertarik mendatangkan striker berusia 26 tahun tersebut.

"Kami sangat senang mendapatkan Lacazette. Dia sudah menunjukkan dalam beberapa tahun terakhir dengan gol yang dicetaknya. Dia seorang finisher yang sangat efisien," ucap Wenger di situs resmi klub.

"Selain itu, kualitas teknisnya sangat menarik dan dia juga seorang striker berkarakter kuat. Dia tambahan amunisi yang bagus untuk kami. Dia akan membantu kami menantang posisi teratas musim ini," tuturnya.

Lacazette merupakan pemain asli binaan Lyon. Ia sudah bergabung dengan akademi Les Gones sejak berusia 12 tahun. Selama membela tim utama Lyon, Lacazette telah tampil di 275 pertandingan dengan total torehan 129 gol dan 43 assist.

Transfer ini menjadi yang kedua bagi Arsenal di musim panas 2017. Sebelumnya Arsenal berhasil mengikat bek dari Schalke, Sead Kolasinac, secara cuma-cuma.