Minggu, 06 Agustus 2017

IKLAN TRAVEL DI KAZAKHSTAN SUGUHKAN PRAMUGARI TELANJANG

OKEKIUKIU - Iklan biro travel di Kazakhstan memicu perdebatan online karena menampilkan pramugari cantik dan pilot dalam kondisi telanjang. Pembuatnya menegaskan bahwa iklan dalam bentuk video itu tidak bermaksud menyakiti perasaan siapapun.

Netizen di negara bekas pecahan Uni Soviet itu memberikan komentar negatif setelah foto iklan tersebut viral di media sosial.

Dalam video tersebut, ditampilkan sekelompok perempuan cantik yang memerankan pramugari. Para perempuan tanpa busana itu awalnya mengenakan topi dengan mempromosikan harga penerbangan murah.

Di akhir iklan, topi-topi mereka dilepas untuk menutupi organ kewanitaan. Sedangkan tubuh bagian atas disensor dengan tulisan dan logo khas Chocotravel.

Beberapa pengguna media sosial yang tidak suka dengan iklan tersebut menuduh pembuatnya mengumbar seksisme.

"Saya muak dengan hal ini," bunyi komentar salah satu pengguna Facebook.
BACA: Presiden Duterte Larang Warga Filipina Merokok Di Area Umum

Nurken Rzaliyev dari perusahaan induk, Chocofamily menilai bahwa iklan tersebut tidak berlebihan. Ia menyebut bahwa tidak semua orang menolak iklan tersebut, sebagian justru menghargainya.

Sementara itu, direktur agen perjalanan yang dimaksud, Nikolay Mazentsev menyebut bahwa iklan itu tidak dimaksudkan untuk menyinggung siapapun.

"Video tersebut mungkin agak mengejutkan, tapi kami tidak bermaksud untuk melukai perasaan siapapun, dan menyesal bila hal itu terjadi," tulisnya di akun Faebooknya.

"Iklan tersebut menunjukan persis seperti yang anda lihat di pantai atau di kolam renang. Anda tidak menyerang gadis-gadis dengan rok pendek dan orang-orang dengan pakaian renang kan?" lanjut Mazentsev.

Mezentsec menyebut bahwa sehari setelah iklan itu muncul, pihaknya juga memunculkan iklan serupa, namun dengan model laki-laki tanpa busana yang menutupi alat kelaminnya dengan topi pilot.

Iklan itu kembali menuai kritik. Karena selain menunjukkan pria tanpa busana, iklan itu juga memicu stereotipe gender.