Senin, 03 Juli 2017

PRESIDEN JOKOWI TERIMA PENGHARGAAN DARI DIASPORA INDONESIA


OKEKIUKIU - Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan Award for Meritorious Leadership dari Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) sebagai apresiasi atas perhatian Jokowi terhadap diaspora.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi memberikan perhatian begitu besar kepada Diaspora Indonesia. Karena itu, mereka menilai dukungan ini layak diapresiasi dalam bentuk penghargaan.

"Presiden memberikan perhatian besar kepada diaspora, bagi Presiden sekali lagi diaspora adalah aset. Jadi teman-teman diaspora melihat kalau Presiden memberikan perhatian besar kepada mereka," kata Retno di Istana Kepresidenan.

BACA: Peta Rute Presiden Jokowi Selama 3 Tahun

Penghargaan ini diberikan atas kesepakatan para ketua chapter IDNG yang menghadiri Kongres ke-4 Diaspora Indonesia Jakarta pada 1-4 Juli 2017.

"Award ini juga diberikan atas upaya Presiden Joko Widodo yang gigih untuk menciptakan sinergi antara diaspora dan tanah air Indonesia, yang merupakan tema besar Kongres tahun ini," ujar tokoh diaspora dari Los Angeles, Butce Lie.


BACA: Gaya Lebaran Presiden Jokowi Tahun Ini

Penghargaan yang diberikan tersebut berupa plakat dan akan diberikan oleh sembilan Executive Board IDN Global dari berbagai negara di Istana Negara hari ini.

Surat pemberitahuan mengenai penganugerahan penghargaan diaspora kepada Jokowi sebelumnya telah disampaikan ke kantor Presiden dan telah diinformasikan kepada Kementrian Luar Negeri.

"Jadi Pak Presiden juga tadi menitipkan pesan supaya meningkatkan investasi untuk masuk ke Indonesia karena masih banyak sekali yang dibutuhkan," ucap Monique, Juru Bicara Diaspora Indonesia.

Menurut Monique, Jokowi menyebut angka Rp 5.400 triliun investasi yang dibutuhkan. Untuk itu, Diaspora Indonesia diminta mendorong peningkatan nilai ekspor produk Indonesia ke tempat mereka berdomisili saat ini.

"Jadi kami juga sudah melaporkan bahwa apa yang ingin kami lakukan adalah meningkatkan, membantu pemerintah meningkatkan ekspor ke luar negeri, dan dimana Diaspora Indonesia akan lebih berpartisipasi dalam hal ini," tutup Monique.